Bagaimana menyikapi gaya [berbeda]

Sesungguhnya tidak ada 'gaya' yang berbeda dalam aikido. Seperti sepotong keju, anda bisa memotong dalam suatu irisan atau berbentuk bujur sangkar, atau mencongkel dengan garpu tetapi itu semua masih merupakan sepotong keju! Aikido pada awalnya dikembangkan oleh 1 orang, O Sensei. Banyak siswa yang dilatih oleh O-Sensei telah memutuskan untuk menyebarkan pengetahuan mereka tentang Aikido dengan cara membuka dojo sendiri. Tak ada ubahnya seperti di Indonesia, banyak murid yang telah mencapai tingkat Yudansha & mampu menghimpun serta berinteraksi dengan masyarakat setempat, pada akhirnya memberanikan diri untuk mencoba membuka suatu dojo, terbukti bahwa dalam perkembangan Aikido di Indonesia banyak dojo dapat berlangsung terus, secara terang-terangan dan terbuka bagi masyarakat luas.
Hal ini disebabkan [antara lain] karena sifat dinamis dari Aikido itu sendiri, siswa yang berbeda dengan O-Sensei maka AIkido ditafsirkan dengan cara yang berbeda, sehingga terciptalah gaya yang berbeda dalam Aikido. Pada umumnya perbedaan gaya disini perlu diuraikan dalam penjelasan sederhana yaitu :
Setiap gaya memiliki kekuatan dan kelemahan ; namun 
Semua gaya berakar kuat pada konsep-konsep dasar Aikido yang unik Tidak ada 1 gaya manapun yang harus dianggap lebih unggul atau lebih rendah terhadap pihak lain ; namun 
Setiap individu harus menemukan gaya [style] yang paling sesuai bagi dirinya
Faktor eksternal seperti lokasi geografis tentu dapat mempengaruhi gaya seseorang.
Tidak peduli yang gaya apa yang akan anda pilih, Anda akan diajarkan oleh instruktur tertentu untuk menafsirkan, dan biarkanlah pada akhirnya anda sendiri yang akan menentukan dan mengembangkan Aikido sesuai postur tubuh diri sendiri. Bisa juga disebut, bahwa banyak gaya dalam Aikido karena banyak dipraktekkan [dilatih].
Membuat daftar pembeda suatu gaya hanya menciptakan suatu pekerjaan tambahan, kami membatasi definisi kita tentang Aikido hanya berdasarkan gaya yang jelas-jelas merupakan jejak garis keturunan mereka dari Ueshiba O-Sensei. Mengadakan pembedaan terhadap suatu gaya [style] dalam Aikido, hanyalah tindakan yang sewenang-wenang.