Aikikai | rgs-aikikai | rgs-aikido-dojo



Kata Aikikai mengartikan sebuah sekolah atau perguruan seni bela diri Aikido, yang berpusat di Tokyo Jepang, dikenal dengan nama Aikikai Foundation. Perguruan ini dipimpin oleh seorang Doshu [atau pemimpin Aikido dunia] yang juga sekaligus merupakan pewaris dari pencipta Aikido, yang saat ini telah menempuh 2 [dua] pewaris yaitu :
O-Sensei [Morihei Ueshiba] : Bapak Pencipta atau penggubah Aikido
Kishomaru Ueshiba
Moriteru Ueshiba : Doshu atau pemimpin Aikido saat ini
Apabila kami pada halaman ini menggunakan kata rgs-aikikai maka maksudnya adalah sebuah tempat pendidikan seni-bela diri aikido yang berafiliasi kepada International Aikikai Foundation [atau Hombu Dojo]. Di Indonesia kami [rgs-aikido-dojo] berafiliasi atau menginduk kepada organisasi nasional yang bernama Yayasan Indonesia Aikikai. Sedang makna rgs-aikido-dojo hanyalah sebuah penegasan nama sebuah tempat berlatih Aikido, sebagai pembeda dengan tempat berlatih seni-bela diri lain yang juga berasal dari Jepang. 
RGS itu sendiri memiliki makna kami sendiri [Robaga Gautama Simanjuntak], selaku orang yang mendirikan / merintis RGS-Aikido-Dojo, dimana kami juga telah mengikuti kegiatan pendidikan dan pelatihan seni bela diri Aikido, menyukai kegiatan dan secara terus menerus berlatih aikido, mengikuti kegiatan pelatihan seni bela diri aikido semata-mata sebagai salah satu alternatif pilihan berolah-raga, selain mempelajari makna / filosofi aikido itu sendiri yang sangat indah dan bagus diterapkan bagi kami, sebagai orang yang dalam kesehariannya menjalani profesi Advokat.