Mungkin suatu hal yang unik bagi peserta ujian kyudansha [setingkat kyu-6, 5, 4, 3, 2, dan 1] disyaratkan untuk mempersiapkan makalah atau karya tulis sederhana. Hal ini memang tidak diatur secara khusus dalam Indonesia Aikikai, kegiatan ini bersifat pilihan yang boleh dilaksanakan atau tidak dilaksanakan oleh si-penguji.
Walau demikian, saya [pribadi] cenderung untuk menerapkan kebiasaan menulis makalah ini, terlebih bagi seorang aikido-ka yang telah memiliki usia remaja atau dewasa. Adapun latar belakang syarat-tambahan ini bukan bertujuan untuk mempersulit seorang Aikidoka agar lulus ujian, namun hanya untuk mengenal seberapa jauh seseorang telah memahami benar mengenai ajaran ataupun filosofi yang terkandung dalam Aikido atau-pun hal-hal kecil lain yang sesungguhnya sangat penting untuk difahami oleh seorang mudansha. Makalah ini haruslah dibuat oleh semua peserta ujian kyu [perorangan] dengan tema atau judul makalah bebas, yang terpenting adalah ulasan pemahaman bagi mudansha terhadap aktivitas seni bela diri yang dipelajarinya. Persyaratan lain adalah bersifat sederhana :
Walau demikian, saya [pribadi] cenderung untuk menerapkan kebiasaan menulis makalah ini, terlebih bagi seorang aikido-ka yang telah memiliki usia remaja atau dewasa. Adapun latar belakang syarat-tambahan ini bukan bertujuan untuk mempersulit seorang Aikidoka agar lulus ujian, namun hanya untuk mengenal seberapa jauh seseorang telah memahami benar mengenai ajaran ataupun filosofi yang terkandung dalam Aikido atau-pun hal-hal kecil lain yang sesungguhnya sangat penting untuk difahami oleh seorang mudansha. Makalah ini haruslah dibuat oleh semua peserta ujian kyu [perorangan] dengan tema atau judul makalah bebas, yang terpenting adalah ulasan pemahaman bagi mudansha terhadap aktivitas seni bela diri yang dipelajarinya. Persyaratan lain adalah bersifat sederhana :
- makalah ini cukup dibuat satu lembar
- boleh diatas kertas A.4 atau 1 lembar kertas folio
- boleh ditik dengan satu-setengah spasi ataupun ditulis tangan rapih sehingga mudah terbaca
- menyebutkan nama penulis, asal dojo, dan tingkat ujian kyu yang dituju
- tanggal dibuatnya makalah
- apa arti aikido [AI KI DO] ?
- apakah arti dan fungsi sensei menurut anda ?
- apakah arti dan pengertian dojo ?
- apa yang anda ketahui mengenai Indonesia Aikikai ?
- apakah pengertian harmoni menurut anda setelah berlatih aikido?
- apa makna / pengertian REI menurut saudara/i selaku aikidoka?
- apa kendala anda selaku anggota dojo didaerah [Yogyakarta] setelah berlatih Aikido.
- kedisiplinan apakah yang anda fahami setelah berlatih Aikido?
- apakah aikido dipertandingkan ? mengapa?
- Apakah arti Doshu?
- Siapakah nama Doshu saat ini?
- Apakah arti Hombu?
- Aikido itu berasal dari negara mana? Siapakah pencipta Aikido
- Apakah yang dimaksud dengan Senpai, Kohai ?
- Bagaimanakah urutan barisan dalam suatu dojo pada saat duduk [seizha] khususnya ketika latihan akan di mulai atau akan ditutup? apakah maknanya?
- Apakah maksud Ai [cinta] dalam kata aikido?
- Mengapa dalam aikido lebih banyak menggunakan tangan? apakah kita bebas melakukan serangan dengan kaki?
- Apa yang dimaksud dengan Ken, Jo dan Tanto? mengapa pada saat kita latihan alat ini hanya terbuat dari kayu?
- Apakah anda tahu apa perbedaan International Aikikai Foundation & International Aikido Federation?
- Apa yang anda ketahui mengenai Yayasan Indonesia Aikikai?
Salam sejahtera : Robaga Gautama Simanjuntak
Jakarta - 16 November 2009